Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Apa Itu Trucking? Pengertian dan Arti Trucking di Logistik

Pendistribusian produk semakin banyak peminatnya seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia yang sudah maju. Ekosistem logistik membutuhkan alat transportasi berupa truk untuk mengirim barang ke berbagai pulau. Lalu apa itu trucking dan jenisnya?

Pengiriman barang dengan metode trucking menjadi pilihan karena dirasa cukup efisien, fleksibel dan mudah untuk menentukan ongkos kirimnya. Pengiriman barang selain dengan metode ini biasanya memanfaatkan dua jalur yaitu laut dan udara.

Akan tetapi jika barang yang diantar tujuannya di satu pulau saja biasanya memanfaatkan metode trucking ini. Tentu saja Anda penasaran bukan mengenai apa yang dimaksud dengan trucking, jenis truknya dan apa manfaatnya? Anda dapat simak uraian di bawah ini.

Pengertian Metode Trucking

Pengiriman dengan metode trucking adalah pengiriman dengan menggunakan truk khusus untuk mengantarkan produk ke seluruh wilayah di Indonesia. Biasanya metode ini digunakan jika tujuannya bisa diakses dengan jalur darat contohnya ke antar kota atau antar provinsi.

Penerapan metode ini sebenarnya tergantung pada perusahaan ekspedisi tersebut. Trucking adalah metode yang paling banyak diminati oleh masyarakat karena proses pengantarannya bisa cepat tidak kalah dari metode pengiriman menggunakan jalur udara.

Selain itu bedanya dengan pengiriman jalur udara adalah harganya yang tergolong murah daripada pengiriman dengan jalur udara. Kelebihannya adalah mudah dalam melakukan pelacakan barang jika menggunakan sistem trucking.

Istilah trucking sendiri sama dengan pengertian dari apa itu cargo JNE trucking yang menggunakan media laut. Truk bisa mengantarkan barang sampai ke luar pulau dengan melakukan penyebrangan menggunakan kapal Feri dan sejenisnya.

Apa Itu Trucking

Jenis Sistem Trucking

Terdapat dua jenis sistem pada metode trucking yaitu FTL atau Full Truckload dan LTL atau Less than Truckload. Kedua jenis sistem ini biasanya digunakan di semua perusahaan ekspedisi, kedua sistem ini tentu memiliki karakteristiknya masing-masing.

1. FTL (Full Truckload)

FTL ini berarti dua hal yaitu baik dari sebuah perusahaan ekspedisi yang memiliki produk cukup sehingga bisa mengisi truk sampai penuh atau hanya mengisinya dengan sebagian saja. Jika mengisi sebagian saja maka isi truknya tidak akan terganggu dengan produk-produk milik perusahaan lain.

Lebih jelasnya, sebuah perusahaan menyewa sebuah truk khusus yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengantaran barang. Jenis truk yang tersedia juga berbeda dari segi volume dan kapasitas barang-barangnya. Kapasitasnya juga beragam sesuai dengan volume atau berat dari produk yang dikirimkan.

Sesuai dengan pengertian dari apa itu trucking logistik bahwa sistem FTL ini biasanya mengantar barang dengan truk khusus yang sering digunakan untuk mengantar barang dengan jumlah besar. Adapun kekurangannya adalah harganya mahal daripada sistem lainnya.

Walaupun harga antar barangnya mahal daripada sistem LTL akan tetapi kelebihannya terletak pada waktu pengirimannya yang singkat. Jadi apabila Anda ingin mengirim barang dan ingin lebih cepat sampai ke lokasi tujuan bisa menggunakan sistem FTL ini.

2. LTL (Less Than Truckload)

Berbeda dengan sistem FTL, sistem LTL atau Less Than Truckload ini kebalikan dari sistem FTL. Sistem ini merupakan sistem yang menggabungkan semua produk dari banyak perusahaan dalam satu truk. Adapun kelebihan dari menggunakan sistem LTL adalah harganya jauh lebih murah daripada FTL.

Sistem LTL ini juga lebih terjangkau khusus untuk bisnis dengan skala kecil menengah karena biaya transportasinya bisa berbagi dengan perusahaan lainnya yang ikut kirim barang. Contohnya adalah sebuah perusahaan menggunakan truk LTL dan perusahaan tersebut hanya membayar sesuai dengan produknya.

Biasanya biaya kirimnya juga berdasarkan berapa lama proses pengiriman barangnya, oleh karena itu sesuai dengan pengertian apa itu trucking paket bahwa sistem LTL ini menggunakan truk untuk pengiriman barang bersama.

Memilih Sistem Pengiriman FTL Atau LTL

Setelah mengetahui apa saja sistem pengiriman dengan truk Anda bisa memilih salah satunya. Tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih salah satunya adalah mengenai ukuran dari produk yang akan Anda kirimkan, skala prioritas, jenis produknya dan anggaran pengirimannya berapa.

Khusus untuk produk ini, perusahaan juga harus mengetahui baik produk yang akan dikirim apakah aman, mudah rusak atau tidak, berupa apa misalnya makanan. Selain itu perusahaan juga harus tahu apakah produk Anda itu sensitif terhadap barang tertentu atau tidak untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi.

Apabila barang yang hendak Anda kirimkan itu ukurannya besar dan gampang rapuh sebaiknya pilih sistem pengiriman FTL. Sedangkan jika Anda mengirimkan produk-produk yang ukurannya tidak terlalu berat dan sifatnya tahan lama baru Anda bisa menggunakan sistem LTL.

Selain itu hal lainnya yang penting untuk diperhatikan adalah mengenai jarak dari lokasi penjemputan barang sebaiknya mudah diakses oleh kendaraan pengantar. Jika lokasinya mudah diakses maka akan lebih mudah untuk mengantarkan barang.

Manfaat Pengiriman Barang Menggunakan Trucking

Setelah mengetahui apa itu JNT trucking, berikutnya adalah apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika mengantarkan barang dengan menggunakan truk. Adapun untuk manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Terhindari dari Adanya Kerusakan

Jika Anda ingin barang selamat sampai tujuan, Anda bisa menggunakan truk untuk mengantarkan barang agar tidak terjadi kerusakan. Kerusakan dari barang tentu dapat merugikan konsumen dan produsen itu sendiri. Lebih baik jika memang muatannya besar Anda bisa menyewa truk saja.

Pengiriman yang dilakukan hanya untuk seorang konsumen saja maka akan mendapatkan pelayanan khusus serta tujuannya juga hanya satu. Oleh karena itu supir akan fokus terhadap satu tujuan serta tidak akan lalai dalam mengantarkan barang.

2. Pengirimannya Luas Karena Alamatnya Detail

Apa itu trucking dan manfaat lainnya? Trucking adalah pengantaran barang dengan truk yang bertujuan untuk mengirim barang ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan menggunakan truk maka jangkauan wilayahnya menjadi lebih luas asal alamatnya detail.

Walaupun waktu tibanya tidak tepat waktu karena barang yang diantar ada banyak tetapi bisa mencapai lebih banyak lokasi karena truk tidak hanya lewat jalur darat saja. Anda bisa mengirim keluar pulau yang lewat jalur laut.

Akan tetapi sekarang pengirimannya sudah jauh lebih cepat, barang yang diantar juga kondisinya selalu aman. Tidak perlu lagi transit ke mana-mana jika menyewa truk untuk mengantarkan barang dan akan langsung diantar sesuai dengan alamat tujuan.

3. Mudah dalam Klaim Asuransi

Manfaat ketiga dari menyewa truk sebagai alat transportasi pengiriman barang adalah mudah dalam mengklaim asuransinya. Kerusakan yang terjadi memang membuat konsumen jengkel akan tetapi itu ada sangkut pautnya dengan tim ekspedisi.

Jadi misalnya barang mengalami kerusakan dan menyewa truk sebagai transportasi pengiriman maka Anda bisa melakukan klaim asuransi sesuai dengan kontraknya. Dengan produk yang tidak dicampur maka barang Anda juga akan minim mengalami kerusakan.

Tentu Anda tidak ingin bukan barang yang dikirimkan itu mengalami kerusakan? Oleh karena itu sebaiknya antar barang dengan menyewa truk saja.

Pengertian dari apa itu trucking itu adalah pengantaran barang dengan menyewa truk. Ada banyak manfaat jika barang diantar menggunakan truk salah satunya adalah terhindar dari terjadinya kerusakan selama di perjalanan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar