Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Apa Itu Status on Process di Jasa Pengiriman Paket

Setiap status dalam status pelacakan pengiriman barang memiliki makna dan artinya masing-masing. Salah satu status yang banyak memancing penasaran orang adalah status on process atau dalam bahasa Indonesia adalah sedang diproses. Kata proses dalam budaya Indonesia ini memang multi makna.

Sedang diproses bisa berarti banyak hal dan bisa berarti positif maupun negatif. Selama belum ada kejelasan dari pihak ekspedisi, orang bisa menafsirkan status ini dengan makna yang berbeda-beda. Memahami makna status sedang diproses tersebut penting untuk Anda dan pengguna jasa ekspedisi.

Dengan memahami makna dari istilah tersebut, Anda bisa lebih memahami apa yang terjadi pada barang yang Anda kirim atau terima. Dengan intensitas belanka online orang Indonesia yang semakin hari semakin tinggi, melihat status sedang diproses ini akan menjadi aktivitas yang sering Anda lakukan sehar-hari.

Memahami Arti Status on Process

Secara bahasa, status on process artinya adalah barang sedang diproses. Istilah status sedang diproses tentu memiliki arti lebih dari sekadar sedang diproses. Dalam dunia logistik dan pengiriman paket, status tersebut memiliki arti barang sedang dalam proses pengiriman dari pihak pengirim ke pihak penerima.

Proses pengiriman paket bukan proses yang sederhana. Paket akan diterima ekspedisi, disimpan, disortir, kemudian dikirim ke wilayah (kabupaten/kota) tujuan, disimpan, disortir, dan pada akhirnya dikirim ke penerima oleh kurir. Status ini merupakan status dengan makna yang umum dan proses yang panjang.

Umumnya, status ini akan bertahan lama mengikuti perkembangan pengiriman paket. Jika pengiriman tidak ada hambatan dan layanan pengiriman yang digunakan yang paling cepat, maka status ini akan berlalu dengan cepat. Status sedang diproses bisa dilihat dalam layanan pelacakan pengiriman paket di ekspedisi.

Apabila status sedang diproses tersebut tidak bergerak sampai melebihi hari akhir estimasi pengiriman, maka Anda patut membuat laporan ke pihak ekspedisi melalui call center atau langsung ke kantornya. Anda juga bisa melakukan pelaporan lebih cepat jika memang curiga ada masalah pada pengiriman paket.

Penyebab Status on Process Tidak Berubah

Salah satu masalah yang dijumpai oleh pengguna layanan ekspedisi adalah melihat status sedang diproses yang tidak berubah. Pikiran banyak orang, pasti ada masalah dalam pengiriman yang mengakibatkan status tersebut tidak mengalami perubahan. Rasa penasaran pun muncul mengenai apa penyebabnya.

Berikut adalah penyebab kenapa status on process pengiriman paket tidak mengalami perubahan.

  1. Status Terlambat Diperbaharui

Status sedang diproses yang Anda lihat bisa jadi bukan merupakan kondisi sebenarnya dari paket yang dikirim. Kondisi nyatanya, paket telah melangkah ke proses selanjutnya. Lantas, kenapa status tersebut tetap tampil walaupun proses sesungguhnya tidak demikian. Jawabannya ada pada petugas ekspedisi.

Petugas, umumnya lambat dalam memperaharui status yang tampil dalam layar pelacakan. Barang sudah masuk ke tahap berikutnya tetapi statusnya tetap sama. Akibatnya, Anda akan mendapati status sedang diproses yang tidak bergerak. Hal ini murni merupakan keterlambatan dan kelalaian dari pihak petugas.

  1. Masalah di Ekspedisi

Beberapa masalah yang mungkin terjadi di pihak ekspedisi terkait pengiriman dan ketersediaan paket adalah paket yang hilang. Satu skenario menyatakan paket hilang dalam artian telah dicuri. Skenario lain umumnya adalah paket tidak hilang tetapi tidak dapat ditemukan karena salah simpan atau dalam sortir.

Akibatnya, status dalam pelacakan tidak berubah. Petugas, terutama di gudang pasti sedang sibuk mencari solusi untuk masalah ini. Masalah lain yang mungkin muncul adalah adanya gangguan teknis yang mengakibatkan perubahan status tidak dapat dilakukan, seperti masalah pada pusat data dan komputer.

  1. Masih Dalam Perjalanan

Mengacu pada tidak ada hambatan dan estimasi waktu pengiriman dari layanan ekspedisi, paket seharusnya menempuh perjalan sesuai dengan janjinya. Jika tidak, maka ada beberapa kendala yang muncul di sana. Macet dan keterlambatan bisa menjadi alasan kenapa durasi perjalanan menjadi lama.

Alasan lain adalah adanya masalah berupa kecelakaan yang tidak dapat diprediksi. Selain kecelakaan, bencana alam dan cuaca juga bisa memberi pengaruh yang signifikan pada jalannya pengiriman paket. Sebagai konsumen, Anda harus bisa memahami jika bencana dan kecelakaan terjadi secara tidak terduga.

  1. Pengiriman Terlalu Banyak

Tahun baru, lebaran, Natal, Imlek, Harbolnas, dan hari-hari yang mengakibatkan orang berbelanja secara dahsyat umumnya mengakibatkan penumpukan paket yang harus dikirim. Karena menumpuk, pihak ekspedisi akan mengalami kendala memenuhi permintaan konsumen, khususnya pengiriman tepat waktu.

Biasanya, ekspedisi sudah menyiapkan armada lebih. Namun, tetap saja pada banyak situasi animo besar orang dalam berbelanja bisa mengakibatkan gudang kelebihan muatan. Akibatnya, antrean pengiriman menjadi lebih panjang. Durasi pengiriman menjadi lebih lama dan status sedang diproses pun membeku.

Status (Istilah) dalam Pegiriman Paket

Status on process tentu bukan satu-satunya status yang Anda lihat ketika menggunakan jasa ekspedisi. Terdapat status lain yang juga muncul di sana dan harus Anda pahami dengan baik. Jika tidak, Anda sama sekali tidak mengetahui dimana dan apa yang terjadi dengan paket Anda (tidak tahu perkembangan).

Berikut adalah beragam istilah atau status dalam pelacakan pengiriman paket yang perlu Anda ketahui.

StatusArti
OutbondPaket telah dibawa agen pengirim tetapi belum sampai ke tangan penerima.
Not at Home (NTH)Paket telah sampai di alamat tujuan, tetapi tidak ada (penerima) yang menerima paket. Umumnya, kurir akan menyerahkan ke tetangga terdekat.
Closed Once Delivery AttemptPaket telah sampai di alamat tujuan, tetapi penerima tidak ada di alamat tujuan.
Cnee UnknownOrang yang menerima paket bukan penerima asli. Paket mungkin diterima oleh orang terdekat yang berada di sekitar alamat penerima.
Criss-Cross (CC)Paket Anda tertukar pengirimannya dengan paket lain.
Miss Route (MR)Paket salah kirim ke tempat tujuan.
Bad Address (BA)Alamat penerima sulit untuk ditemukan. Penerima disarankan untuk menghubungi kurir pengirim.
Antar Ulang (AU)Paket akan diantar ulang besok karena adalah alasan tertentu.
RedeliveryPaket akan diantar ulang di hari yang sama karena alamat rumah tujuan (penerima) tidak ada penerimanya.
DeliveredPaket telah sampai dan berhasil dikirim ke alamat penerima.
Received on DestinationPaket sudah berada di wilayah (kota/kab) tujuan. Paket menunggu kurir untuk mengantar ke alamat penerima.
On TransitPaket sedang diantar menuju pusat penyortiran di wilayah tujuan.
On ProcessPaket sedang dalam perjalanan menuju kota/kabupaten tujuan.
ManifestedPaket telah diterima oleh pihak ekspedisi dan sedang menunggu untuk dikirim ke tujuan.

 

Status dalam pengiriman paket antar ekspedisi mungkin berbeda. Jika Anda menggunakan lebih dari satu ekspedisi, Anda mungkin mendapati status yang berbeda. Soal bahasa, pasti mengikuti bahasa yang digunakan di negara dimana ekspedisi itu berada. Makna dari statusnya umumnya tidak berbeda jauh.

Status on process yang ditampilkan menandakan bahwa paket sedang dalam perjalanan. Dalam proses ini sebaiknya Anda lebih banyak bersabar karena bisa saja proses pengiriman terhambat karena ada hal yang tidak diduga. Jika terlalu status tersebut terlalu lama tidak bergerak, segera lapor ke pihak ekspedisi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar