Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Apa Itu Brand Ambassador, Berikut Ini Tugas-Tugas yang Dimiliki

Salah satu strategi perusahaan dimana dilakukan buat meningkatkan brand awareness adalah memanfaatkan brand ambassador. Kehadirannya sendiri ternyata mempunyai peran cukup penting untuk sebuah perusahaan karena akan berkaitan dengan sukses tidaknya kegiatan marketing nantinya.

Karena alasan itulah ternyata semakin banyak perusahaan dimana berlomba-lomba dalam mencari brand ambassador terbaik. Tentunya juga dengan skill dan kemampuan mumpuni yang dimiliki oleh mereka.

Nah untuk memahaminya tugas-tugas apa sajakah dimana dimiliki oleh mereka, berikut penjelasannya.

Apa Itu Brand Ambassador (BA)

Apa Itu Brand Ambassador (BA)

Ketika Anda bergelut didalam di dunia bisnis, tentu sudah paham betul mengenai brand ambassador (BA) bukan? Ya, ini merupakan duta dari merk atau brand bersangkutan tersebut. Dengan kata lain mereka dipercaya menjadi seorang promotor yang akan dikontrak perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Bahkan mereka juga mampu menjadi ikon ataupun merepresentasikan sebuah brand tersebut. Kedudukan dari mereka itulah ternyata juga mempunyai beberapa tuntutan tugas seperti membangun image perusahaan supaya dapat semakin positif, memperluas jaringan pemasaran hingga dapat meningkatkan nilai jual dari suatu produk.

Secara umum, BA merupakan orang-orang terpilih sebuah perusahaan atau merk dan dikontrak sebagai promotor karena jumlah pengikut mereka di atas rata-rata. Ataupun orang-orang dimana mempunyai pengaruh cukup besar di pasar.

Terdapat banyak alasan mengapa seorang pebisnis atau perusahaan merekrut keberadaan mereka mulai dari meningkatkan atensi, nilai jual ataupun memberikan kesan image bagus di tengah-tengah masyarakat.

Terlebih lagi, banyak konsumen juga melihat ulasan atau review dari orang-orang yang mereka kenali dahulu sebelum memutuskan buat membeli sebuah produk. Oleh sebab itulah merekrut seorang BA ternyata mempunyai peran sangat penting terhadap perkembangan dari bisnis Anda tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Yang Mereka Miliki

Sudah paham bukan apa itu brand ambassador? Sesudah memahaminya maka penting agar mengetahui seperti apakah tugas sekaligus tanggung jawab yang mereka miliki. Terlebih lagi tidak sedikit masyarakat dimana masih meragukan keberadaannya.

Berikut ini beberapa tugas sekaligus tanggung jawab yang dimiliki oleh mereka:

  • Mampu memahami visi misi perusahaan
  • Menjadi wakil suatu brand secara positif ke dalam berbagai bentuk
  • Berpartisipasi dalam event-event tertentu berkaitan dengan marketing
  • Melakukan kerja sama dengan sales ataupun marketing
  • Membantu dalam proses pembuatan konten seperti review, blog ataupun caption sosial media
  • Proses membangun brand awareness dengan cara word-of-mouth marketing
  • Mampu menciptakan opini positif mengenai brand
  • Melakukan kegiatan promosi via sosial media
  • Menjaga hubungan dengan baik kepada pihak vendor ataupun orang yang menjual produk bersangkutan
  • Melakukan monitoring feedback yang diberikan oleh konsumen serta complain ke bagian departemen marketing perusahaan.

Dilihat dari ulasan diatas, memang tugas sekaligus tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang BA tidaklah mudah seperti di bayangan. Terlebih lagi, kehadirannya menjadi wajah sekaligus citra utama dari sebuah brand atau perusahaan.

Adapun tugas mereka tersebut nantinya akan dibuat di dalam suatu kontrak serta dengan jangka waktu yang cukup panjang. Oleh karena itulah mereka juga diwajibkan buat selalu menjaga nilai-nilai positif pula.

Jenis-jenis Brand Ambassador

Jenis-jenis Brand Ambassador

Secara umum, pengertian dari BA merupakan ikon dari sebuah brand, tetapi kenyataannya justru terdapat beberapa jenisnya dimana dibedakan berdasarkan tipe sekaligus kewajiban. Agar semakin memahaminya, berikut penjelasan lengkapnya

College BA

Pertama adalah college BA dimana mempunyai ruang lingkup lebih sempit yakni antar siswa saja. Oleh karena itulah, sebuah perusahaan dimana memanfaatkan tipe tersebut biasanya mempunyai target pasar sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa.

Influencer BA

Sesuai dengan namanya, ini merupakan sosok yang mempunyai pengaruh cukup kuat di mata publik sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen atau masyarakat. Biasanya brand dimana menggunakan influencer akan melakukan semacam kolaborasi konten.

Affiliate BA

Ini adalah seorang promotor dimana memanfaatkan pemasaran afiliasi sehingga kedua belah pihak diharapkan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan tentunya dalam upaya proses pemasaran nantinya.

Informal BA

Terakhir adalah informal dimana biasanya dilakukan secara tidak resmi atau tidak terikat. Bahkan cara menjadi ambassador inipun juga sangat mudah bahkan  dapat berasal dari berbagai kalangan loh.

Keuntungan Menggunakan BA Untuk Bisnis

Peran dari brand ambassador dalam bisnis ternyata sangat penting dan akan memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan. Itulah yang menjadi alasan mengapa semakin banyak perusahaan dimana memanfaatkan kehadiran mereka terutama dalam proses meningkatkan nilai jual atau familiaritas produk.

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan apabila menggunakan BA tersebut.

Menjaga dan Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Perlu diingat bahwa reputasi dari sebuah brand atau merk ternyata mempunyai peran cukup penting terhadap nilai penjualan nantinya. Di samping itu, keberadaannya juga bisa naik sekaligus turun tergantung oleh situasi yang ada.

Sebagai contohnya apabila terdapat media dimana memberikan berita kurang baik mengenai brand maka reputasi dari perusahaan bisa kapan saja jatuh. Disinilah seorang BA mempunyai peran cukup penting dalam mengangkat reputasi tersebut kembali.

Mendapatkan Review Baik

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan keberadaan BA itulah ternyata akan mendapatkan peluang memperoleh review baik. Memang setiap orang dapat memberikan review apapun di sosial media, tetapi review negative tentunya harus dihindari bukan.

Walaupun demikian, seorang brand ambassador itulah ternyata juga dituntut buat memberikan ulasan baik sekaligus jujur kepada para pengikutnya. Hal tersebut ternyata juga sudah masuk ke dalam kontrak kerja sama.

Lebih Dekat Dengan Konsumen

Manfaat lainnya adalah mereka bisa mendekatkan merk dengan para konsumen. Sudah bukan jadi rahasia lagi bahwa mendekatkan brand dengan calon customer bukanlah perkara mudah dilakukan.

Namun berdasarkan dengan data yang ada sekitar 63% orang jauh lebih percaya mengenai apa yang disampaikan oleh influencer atau BA dibandingkan dari brand bersangkutan tersebut. Disinilah pentingnya seorang BA sebagai jembatan penghubung antara merk dengan para konsumen.

Mampu Meningkatkan Citra dari Perusahaan

Keuntungan terakhir yang bisa didapatkan adalah dapat membantu untuk meningkatkan citra dari brand bersangkutan. Mengingat seorang BA inilah merupakan citra dari suatu merk. Oleh karena itulah mereka diharuskan agar mampu membangun citra perusahaan agar berkesan positif.

Cara Memilih Brand Ambasador yang Terbaik

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya juga tidak boleh sembarangan dalam memilih keberadaan mereka tersebut. Sebab salah dalam memilih terutama jika tidak relevan dengan bisnis ternyata bisa mengakibatkan sejumlah kerugian. Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan

  • Silahkan pilih yang sesuai atau relevan dengan brand
  • Orang-orang dimana mempunyai nilai sejalan dengan visi misi perusahaan
  • Pastikan mereka mampu bekerja sama dengan professional dan bertanggung jawab
  • Jangan lupa pertimbangkan platform apakah yang akan digunakan.

Selain mempertimbangkan keberadaan orang-orang yang akan menjadi ikon dari bisnis diatas, Anda juga tidak boleh lupa dalam memanfaatkan layanan dari resimu.net untuk membuat bisnis lebih optimal. Sudah paham apa itu brand ambassador dan tugasnya yang penting bukan?


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar