Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

7 Alasan Kenapa Toko Online Sepi dan Cara Mengatasinya

Salah satu pertanyaan yang sering menghinggapi pebisnis online adalah kenapa toko online sepi padahal sudah sering posting produk. Hal tersebut sebenarnya wajar terutama bagi yang baru memulainya.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut dan perlu Anda pahami agar bisa segera melakukan evaluasi. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak pembahasan pada kali ini.

Dengan memahami penyebabnya, Anda akan menemukan satu titik yang menjadi akar permasalahan toko online sepi. Setelah permasalahan tersebut diatasi, maka pembeli akan mulai berdatangan.

Ada beberapa alasan kenapa toko online sepi

Alasan Kenapa Toko Online Sepi dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa daftar alasan yang kemungkinan menyebabkan online shop Anda sepi pembeli. Silakan pelajari dan jika memang itu terjadi di toko Anda, maka segera lakukan perbaikan.

1. Jarang melakukan update stok

Bayangkan jika Anda ingin berbelanja di sebuah toko online, kemudian ketika melakukan check out ada pemberitahuan bahwa stok sedang habis. Padahal di toko tersebut tertulis stok tersedia.

Tentu saja Anda akan kecewa karena informasi terkait stok tidak diperbarui. Hal tersebut juga bisa terjadi kepada calon pembeli Anda, yakni hanya karena Anda tidak rutin melakukan update stok.

Meskipun terlihat sepele, nyatanya ini bisa menjadi alasan kenapa toko online sepi pembeli. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus selalu mengupdate stok ketika terjadi penjualan.

Di beberapa platform pembuatan online shop, biasanya fitur ini bisa diatur secara otomatis. Jadi, ketika mengupload produk Anda akan mengisi jumlah stok dan apabila terjadi pembelian, maka stok tersebut akan berkurang dengan otomatis.

2. Tidak terdapat ulasan produk

Alasan kenapa toko online sepi yang berikutnya kemungkinan disebabkan karena tidak terdapat ulasan produk. Seperti kita ketahui, kepercayaan atau trust menjadi salah satu faktor penting dalam terjadinya penjualan.

Orang-orang tidak ingin salah membeli ketika berbelanja online. Oleh karena itu, biasanya mereka akan melihat ulasan produk tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika produk yang Anda jual tidak memiliki ulasan, maka kemungkinan orang tidak akan cukup percaya dengan online shop milik Anda karena khawatir kualitasnya tidak baik. Kemudian, mereka akan mencari toko lain dengan ulasan yang lengkap.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan promo atau voucher khusus kepada pembeli yang memberikan ulasan produk di toko Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan saudara atau teman untuk membeli dan memberikan ulasan.

Tentu saja setelah memberikan ulasan, Anda perlu memberikan tanda terima kasih seperti sampel produk, voucher diskon, atau sekadar mentraktir makan. Meskipun membutuhkan modal, namun inilah cara mendapatkan ulasan produk secara cepat dan mudah.

3. Desain toko berantakan

Hampir bisa dipastikan pembeli tidak akan nyaman berbelanja di toko yang berantakan, begitu pula di dunia online. Anda tidak bisa sekadar membuat toko online yang asal jadi saja karena kenyamanan visual juga sangat penting.

Jadi, ada kemungkinan kenapa toko online sepi disebabkan karena desain toko yang sangat berantakan. Berantakan yang dimaksud di sini adalah produk tidak disusun sesuai kategori, foto produk tidak seragam, atau terlalu banyak pop up mengganggu jika menggunakan website.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah atur ulang desain toko online Anda, dimulai dari segi visualnya. Jangan terlalu banyak menambahkan pernak-pernik yang tidak perlu.

Setelah itu, kelompokkan produk berdasarkan kategori tertentu dan buatlah menu untuk lebih mudah mengakses setiap kategori. Pastikan juga foto produk seragam seperti penggunaan background yang sama atau menggunakan bingkai khusus.

4. Loading website toko online lambat

Ketika Anda membuat website toko online, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kecepatan loading halaman. Biasanya ini tergantung dari hosting yang Anda pilih ketika pertama kali membuatnya.

Untuk membuat toko online yang penuh dengan foto produk tentu dibutuhkan ruang penyimpanan atau hosting yang besar. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan hosting yang benar-benar berkualitas.

Bisa jadi alasan kenapa toko online sepi adalah ketika ada orang yang tertarik dengan produk Anda dan mengunjungi website, loading halamannya lambat dan memilih untuk keluar karena merasa tidak nyaman.

5. Jarang mengadakan promo

Di dunia jual beli online, promo atau voucher diskon menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mendatangkan banyak pembeli. Jadi, mungkin kenapa toko online sepi dikarenakan Anda jarang mengadakan promo tersebut.

Cobalah untuk membuat promo-promo menarik di hari spesial seperti lebaran, tahun baru, kemerdekaan, atau ulang tahun online shop Anda. Hal ini akan membuat pembeli jauh lebih tertarik untuk berbelanja karena merasa bisa menghemat pengeluaran mereka.

Selain cara di atas, Anda juga dapat mengadakan giveaway secara acak untuk mendapatkan awareness dari calon pembeli. Berikan syarat tertentu untuk mengikuti giveaway seperti melakukan follow dan share postingan melalui story mereka.

Cara ini akan membuat toko online Anda akan lebih mudah disebarluaskan dan dikenali orang-orang baru. Namun, tentu saja Anda membutuhkan sedikit modal untuk melakukannya.

6. Kalimat jualan tidak menarik

Alasan kenapa toko online sepi yang berikutnya terletak pada naskah iklan atau kalimat jualan. Kalimat jualan ini biasanya disebut dengan istilah copywriting.

Di tengah persaingan yang sangat ketat, Anda harus bisa membuat kalimat jualan yang menarik perhatian banyak orang agar menginginkan produk Anda. Cara paling mudah adalah tunjukkan manfaat yang didapatkan oleh pembeli setelah membeli produk Anda.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para online shop adalah terlalu fokus mendewa-dewakan produk mereka tanpa mempedulikan pembeli. Padahal, salah satu alasan orang ingin membeli sebuah produk adalah karena manfaat yang akan didapatkan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini adalah beberapa tips membuat kalimat jualan menjadi lebih menarik.

  • Kenali siapa target market Anda
  • Gunakan bahasa yang relevan dengan kehidupan mereka
  • Fokuslah pada manfaat yang akan dirasakan pembeli
  • Gunakan kata-kata pemicu emosi
  • Gunakan kata-kata panca indera
  • Perhatikan ejaan agar nyaman dibaca
  • Jangan gunakan gaya bahasa yang tidak konsisten

7. Foto produk kurang jelas

Terakhir, alasan kenapa toko online sepi yang sering terjadi adalah foto produk terkesan apa adanya dan kurang jelas. Hal tersebut tentu membuat pembeli tidak nyaman karena tidak bisa melihat produk secara detail.

Padahal, salah satu hal penting dalam berbelanja online adalah melihat gambaran produk melalui foto tersebut. Jika foto produk saja tidak jelas, pembeli tidak akan memiliki bahan pertimbangan dan memilih pindah ke toko lain.

Cobalah untuk mengambil foto produk secara jelas dengan latar belakang putih. Jika perlu, Anda bisa menyewa kamera yang bagus untuk memfoto. Ambil gambar minimal dari 4 sudut yang berbeda agar pembeli bisa mengamati seluruh dimensi.

Jadi, dari ketujuh alasan kenapa toko online sepi di atas, apakah toko Anda terdapat salah satunya? Jika iya, maka segeralah lakukan evaluasi agar bisa segera mendapatkan banyak pembeli.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar