Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Food and Beverage Online

Dalam beberapa waktu terakhir, bisnis food and beverage online memang sedang menjamur di Indonesia. Bahkan, hampir setiap hari ada saja pebisnis baru yang terjun dalam usaha F&B tersebut.

Melihat hal tersebut, sebenarnya fenomena tersebut bukanlah hal yang perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya, masyarakat Indonesia dikenal orangnya sangat menyukai wisata kuliner yang enak dan menarik.

Berdasarkan fakta tersebut, pastinya industri F&B tersebut punya peluang bisnis yang bagus. Nah, bagi Anda yang berminat ingin menjadi pebisnis F&B, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

bisnis food and beverage online

5 Tips Memulai Bisnis Food and Beverage Online

Telah dikatakan di awal, sekarang ada banyak sekali pengusaha yang terjun dalam dunia food and beverage. Jadi, dapat dikatakan bahwa persaingan yang terjadi antar pengusaha di bidang tersebut sangatlah ketat.

Tidak jarang ada pengusaha yang belum lama masuk ke bisnis tersebut, tiba-tiba bisnisnya bangkrut. Hal seperti itu dapat terjadi biasanya karena pebisnis tersebut tidak menggunakan strategi tetap dalam berjualan di bidang F&B.

Nah, agar nasib bisnis Anda tidak berakhir menyedihkan atau bahkan sampai bangkrut, dibutuhkan cara tepat dalam berjualan. Berikut adalah beberapa tips penting yang bisa diterapkan agar bisnis Food and beverage online Anda bisa sukses.

1. Mulai Melakukan Riset dan Tentukan Target Market

Hal pertama yang penting untuk diketahui oleh Anda yang bisnis food and beverage online adalah melakukan riset dan menentukan target pasar. Ini merupakan dasar agar bisnis yang dijalankan lebih teratur serta punya fondasi yang kuat.

Target pasar merupakan dasar acuan bagi Anda untuk membuat berbagai macam strategi terkait pemasaran produk Anda. Oleh karena itu, dalam menentukan target pasar tersebut, harus dilakukan dengan tepat.

Misalkan saja, jika Anda memutuskan untuk mengambil target pasar mahasiswa atau para anak sekolah, maka produk F&B yang dijual haruslah menu yang kekinian. Dengan begitu, target tersebut akan tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Selain itu, saat membidik target pada kalangan anak mudah seperti mahasiswa, tentu harga jual yang dipasang tidak boleh terlalu tinggi. Pasalnya, untuk anak sekolahan atau mahasiswa tersebut biasanya belum punya penghasilan sendiri.

Oleh karena itu, Anda dapat menjual jenis F&B kekinian namun dengan harga yang masih terjangkau di saku para anak muda. Dengan begitu, target pasar tersebut bisa tertarik untuk mencoba membeli produk yang Anda jual.

2. Mencari Supplier yang Tepat

Dalam membuat menu olahan makanan atau minuman, Anda pastinya membutuhkan bahan dasar pembuatan. Sementara, untuk mendapatkan bahan tersebut Anda dapat mengambil dari para pemasok di pasaran.

Namun, dalam memilih pemasok bahan baku tersebut, pilihlah yang memang sudah terpercaya dan berkualitas. Pasalnya, bahan dasar tersebut nantinya juga ikut menentukan rasa serta kualitas dari produk F&B yang dijual.

Nah, supaya Anda dapat menemukan supplier yang berkualitas dan dapat dipercaya, maka jangan ragu untuk melakukan survei. Survei tersebut dilakukan agar Anda bisa menemukan yang terbaik untuk pemasok bisnis food and beverage online.

Lakukanlah survei dengan melihat beberapa indikator penting seperti kualitas bahan, harga, dan lain sebagainya. Dengan mempunyai banyak perbandingan, nantinya akan bisa ditemukan supplier mana yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

3. Mencari Tempat Jualan

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan saat memulai bisnis food and beverage online adalah mencari tempat jualan. Meskipun dalam hal ini akan menjual juga secara online, namun Anda tetap harus memikirkan lokasi penjualan.

Pasalnya, lokasi usaha yang dipilih nantinya juga akan menentukan kemajuan dari bisnis yang dijalankan ini. Pemilihan lokasi tersebut harus menggunakan berbagai macam pertimbangan matang agar usaha bisa semakin sukses.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mencari lokasi tersebut adalah pilihlah lokasi yang dekat dengan target market. Sebagai contoh, jika ingin menargetkan pasar mahasiswa dan anak mudah, Anda dapat pilih daerah di dekat kampus.

Sebagai awal mula dalam berbisnis, Anda tidak perlu mencari tempat jualan yang terlalu bagus ataupun mewah. Hal yang lebih utama dari kemewahan tersebut adalah pastikan bahwa tempat usaha yang dipilih selalu terjaga kebersihannya.

Selain itu, pilih juga lokasi berjualan yang dapat dijangkau dengan mudah oleh para pembeli. Hal ini juga dapat memudahkan para driver pengantar makanan saat mencari lokasi dari bisnis Food and Beverage milik Anda.

Memikirkan tentang tempat untuk parkir juga perlu Anda lakukan dalam memilih lokasi. Pasalnya, tidak sedikit orang yang tertarik membeli ke F&B karena punya tempat parkir yang luas.

4. Selalu Melakukan Inovasi

Salah satu hal yang membuat bisnis food and beverage online ini tidak pernah sepi peminat adalah selalu adanya inovasi yang muncul. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis dalam bidang tersebut, Anda wajib untuk selalu inovasi produk.

Jika inovasi semacam itu tidak sering dilakukan, biasanya para pelanggan akan merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Apabila sampai dibiarkan, bukan tidak mungkin pelanggan akan beralih ke tempat F&B yang lainnya.

Sebenarnya, inovasi produk ini tidak perlu terlalu sering untuk dilakukan. Paling tidak, Anda melakukan hal tersebut secara berkala agar tidak membuat para pelanggan cepat merasa bosan.

Inovasi tersebut bisa dilakukan dalam bentuk rasa, kemasan, ataupun pada tempat usaha milik Anda. Selain itu, jika memang buntu dalam mencari ide, maka bisa juga Anda mengikuti trend yang sedang terjadi di pasaran.

Carilah produk F&B mana yang sedang menjadi trend, dan lakukanlah penyesuaian produk Anda dengan trend tersebut. Dengan begitu, inovasi tetap dapat dibuat sesuai trend tanpa harus kehilangan jati diri dari usaha F&B milik Anda.

5. Mengelola Keuangan Dengan Baik

Pengelolaan uang dalam bisnis merupakan hal sangat penting yang harus dilakukan oleh Anda yang terjun di bisnis food and beverage online. Pasalnya, jika pengelolaan uang kas bisnis tidak bagus, maka bisa membuat bisnis kacau.

Tidak hanya pada bisnis food and beverage online saja, pengelolaan keuangan merupakan dasar penting dari berjalannya berbagai macam bisnis. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis harus mempelajari dengan baik tentang tata kelola uang bisnis.

Dalam melakukan pengelolaan uang bisnis, dibutuhkan kemampuan serta keahlian tersendiri. Hal itu karena perhitungan tentang uang di dalam sebuah bisnis pastinya membutuhkan kejelian dan ketelitian tingkat tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda memang merasa tidak mampu atau kurang kompeten dalam hal pengelolaan uang tersebut, maka bisa menggunakan jasa orang yang sudah ahli. Meskipun harus keluar biaya, namun urusan keuangan dijamin lancar.

Namun, jika bisnis yang dijalankan mungkin masih termasuk berskala kecil-kecilan, maka Anda dapat mencoba untuk melakukan pengelolaan secara mandiri. Nantinya, setelah bisnis berkembang, baru Anda menggaet profesional untuk bagian keuangan.

Untuk bisa sukses dalam bisnis Food and beverage online di Indonesia bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan berbagai macam strategi serta tips seperti di atas, agar usaha yang Anda jalankan dapat berkembang sampai dengan sukses.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar